20 FIT Review : Olahraga Untuk Kamu yang Sibuk

by - 3:37 PM



20FIT. Pertama kali tahu dari Instagramnya Andien dan langsung penasaran untuk cari tahu lebih lanjut. Ternyata 20FIT itu micro-gym pertama di Indonesia yang menggunakan Electro Muscle Stimulation (EMS). Durasi latihannya hanya 20 menit tapi hasilnya setara dengan olahraga fisik 2 jam. WOW. Untuk seseorang yang ingin fit tapi enggan untuk olahraga lama – lama, EMS Training 20 FIT bisa jadi pilihan yang tepat.

Kemarin, aku dapat kesempatan untuk coba 20 FIT dari Clozette Indonesia di Bandung. Iya Bandung, tepatnya di Jl. Terusan Prof Dr Sutami No.3 Sukasari Bandung. Dari gerbang Tol Pasteur hanya 2.3km (sekitar 6 menit). Tapi tidak disarankan untuk datang langsung ya. Kenapa? Karena sistemnya harus booking dulu (via WA 081212883026), atur jadwal yang cocok dengan Personal Trainer (PT) disana. Terlebih lagi di Bandung baru ada 1 studio saja. Kebayang hecticnya kan? Ohya, untuk yang berhijab disarankan memakai baju dalaman dan legging panjang karena pakaian yang disediakan pendek jadi nanti dirangkap. Beberapa jam sebelum jadwal, pihak 20 FIT akan mengingatkan untuk datang 10 menit lebih awal dan sarapan terlebih dahulu.



Sesampainya di lokasi, aku diminta untuk mengisi form data diri dan berganti pakaian di changing room. PT yang menemaniku selama sesi latihan adalah Mas Firman. Sebelum sesi dimulai, kita akan diminta untuk menimbang badan untuk tahu kondisi badan saat ini (berat badan, massa otot, massa lemak, kandungan nutrisi, hingga diagnosa kegemukan). Dari riwayat ini ditentukan bagian mana yang menjadi fokus treatment. Untukku sendiri, hasilnya menunjukkan massa otot kurang dan massa lemak yang lebih dari standar yang sesuai dengan berat dan tinggi badanku. Massa otot yang kurang ternyata jadi salah satu penyebab mudah lelah dan ini fokus utamaku di 20 FIT.

Bagi mereka yang baru pertama kali mencoba EMS Training ini, PT dengan sabar akan menjelaskan tahapan – tahapan yang dilakukan dalam sesi latihan. Tak terkecuali alat – alat yang digunakan termasuk rompi yang ditempeli kabel – kabel sebagai penghubung dengan alat Miha Bodytec. Titik fokus ada pada lengan kanan kiri, perut, bokong, punggung, dan paha.



Sesi Latihan
Setelah rompi terpasang, PT akan mengatur getaran disetiap titik fokus dengan Alat Miha Bodytec. Getaran diatur berdasarkan ketahanan dan ritme dalam tubuh kita. Ohya, kata Mas Firman selama sesi latihan jika getaran terasa semakin kencang itu mengikuti ritme tubuh kita yang bekerja selama sesi. Getaran yang aku dapat seperti kesemutan dan dipukul-pukul tapi tanpa rasa sakit. Selama latihan gerakan yang dilakukan termasuk gerakan basic. Untuk kamu yang tidak terbiasa gym tenang saja, kamu tinggal mengikuti gerakan yang PT lakukan.




Jujur ya, 20 menit latihan terasa lama. Hahaha. Mungkin karena aku jarang olahraga yang fokus pembentukan massa otot kali ya jadi rasanya lama dan gemetar. Aku termasuk orang yang susah berkeringat dan disini berhasil bikin aku takjub karena keringetan lumayan banyak.

Kesan Latihan 20 FIT
Overall EMS Training ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang sibuk, yang ingin olahraga singkat tapi efisien, sampai yang perlu dorongan untuk berolahraga. Selain tempat latihan dan ruang tunggunya yang nyaman, PT-nya pun enak diajak ngobrol. Setelah sesi latihanku selesai, Mas Firman ngasih tips gimana jaga pola makan untuk mengurangi massa lemak sampai olahraga ringan dirumah untuk menambah massa otot seperti sit-ups, push-ups, hingga squats.

Untuk harga EMS Training bervariasi tergantung pilihan. Kalau aku ambil paket yang Pay as You Go (Per Visit) 490K. Harga segitu worth it? Banget. Karena disini kamu bebas menentukan goals kamu. Jadi lebih terukur. Latihan ini juga cocok untuk berbagai kalangan usia dewasa. Ada juga paket first trial 190k. Untuk kamu yang penasaran, bisa coba paket ini dulu. Lebih lengkap soal harga atau pengen tahu lebih banyak seputar 20 FIT bisa lihat di www.20fit.co.id dan follow instagramnya @20_FIT.

Ohya jangan lupa juga untuk cek www.clozette.co.id dan follow @clozetteid untuk dapat info terkait fashion, beauty, hingga project terbaru.

You May Also Like

1 comments