Embung Nglanggeran : Wisata Air Di atas Gunung

by - 5:00 AM



Jogja selalu punya kenangan tersendiri. Banyak tempat yang menarik untuk dijelajahi, bukan hanya pemandangannya yang memukau mata membuat kita ingin datang dan melihat. Tapi sejarah dari tempat tersebut. Saya berkesempatan berada di jogja selama lima hari. Tentu kesempatan itu tidak saya sia - siakan. Embung Nglanggeran yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia menjadi tempat pertama yang saya kunjungi.

Pada awalnya saya tidak terlalu bersemangat bila dibandingkan teman yang lain. Berangkat dari hotel pukul 08.00 pagi dan sampai di tempat kurang lebih pukul 09.00 pagi (cuaca mulai terik). Kondisi jalan yang belum mulus dan penuh bebatuan terjal membuat kami tidak berhenti berdoa (saya pergi bersama rombongan teman kantor dengan mini bus). Terbayang jika pergi menggunakan motor apa jadinya, harus sangat hati - hati. Ohya, tarif masuk 3.000/orang (diluar biaya parkir).


Sesampainya di tempat parkir pun, kita sudah disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Terhampar pemandangan hijau sepanjang mata memandang serta gunung bebatuan berdiri dengan tegak. Tapi, untuk menuju embung ternyata masih jauh. Saya beserta teman - teman harus menapaki tangga yang lumayan panjang dan tinggi. Mungkin tingginya tidak seberapa karena kita bisa berjalan santai sambil menikmati udara dan pemandangan yang hijau. Teriknya sinar matahari membuat kita cepat kelelahan dan tentu saja kepanasan. Sangat dianjurkan untuk memakai tabir surya dan topi.

Akhinya sampai juga di Embung Nglanggeran. Okey, walau panas terik terasa angin sepoi - sepoi dan pemandangan yang jelas dan menakjubkan. Saya tidak menyangka ternyata wisata air ini berada tinggi sekali di atas permukaan. Kami menjulukinya wisata air di atas gunung. Bentuk waduk ini seperti kolam renang dan saat melihatnya membuatmu ingin segera terjun dan berenang. Tapi sangat disayangkan karena ini waduk bukan kolam renang. Berfoto dari atas tentu lebih bagus karena banyak objek yang ikut terambil dibandingkan dibawah. Cape? tenang saja pengelola menyediakan pendopo untuk kamu beristirahat. 

Ini kisahku dengan Embung Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia. Mana kisahmu?

You May Also Like

0 comments